Langkah Baru, Semangat Baru

Rabu, 28 August 2013

Mungkin kalimat di atas dapat menggambarkan perasaan 157 mahasiswa  yang mana mereka merupakan mahasiswa baru fakultas Tarbiyah Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) STAIN Salatiga tahun 2013/2014. Betapa tidak, dalam ruangan yang penuh sesak dan dalam kelelahan, mereka tetap tersenyum antusias untuk mendengarkan sosialisai tentang keprogdian yang disampaikan oleh ibu Mashlihatul Umami, S.Pd.I,MA selaku ketua Kaprogdi TBI STAIN Salatiga. Dalam kesempatan itu, beliau berpesan agar mereka mempersiapkan diri dan mental untuk melangkah ke jenjang Sekolah Tinggi yang sangat jauh berbeda dengan jenjang mereka sebelumnya (red. MA /MAN / SMA / SMK). Mempertahankan serta meningkatkan semangat belajar yang didasari pada niat untuk beribadah dan keikhlasan juga menjadi nasehat pada sosialisasi siang hari itu.

Pada kesempatan itu pula, Marisa Fran Lina, salah satu mahasiswa berprestasi, juga sharing tentang pengalamannya ketika mengikuti English Speech dalam PORSENI STAIN se-Jawa 2012 di kudus, dimana dia berhasil meraih juara pertama. Selain itu prestasinya juga dibuktikan ketika dia berhasil masuk ke dalam 16 besar English Debating dalam PIONIR se-PTAIN Indonesia 2013 di Banten bersama rekannya Muhamad Ulinnuha. Dalam sosialisasi tersebut dia menyampaikan bahwa hal yang penting bagi seorang mahasiswa adalah time management. “Sebagai seorang mahasiswa kita harus mampu me-manage waktu dengan baik untuk belajar, bersosialisasi di UKM, dan dengan lingkungan sekitar juga”. ” Membatasi diri untuk tidak terlibat ke dalam banyak UKM, juga sangat penting, jadi pilihlah UKM yang menunjang akademik kita”, tambahnya.

Dan finally, welcome to Tadris Bahasa Inggris STAIN Salatiga…. ^_^ (F&T)

 

 

 

 

Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru

Sabtu, 31 August 2013

Memulai hidup baru menjadi seorang mahasiswa, tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi sebagian siswa. Memang pada dasarnya menjadi seorang mahasiswa itu sangat dinantikan dan sangat menyenangkan. Bahkan, mungkin sebagian dari kamu menganggap bahwa menjadi mahasiswa menjadi pembuktian bahwa kamu telah dewasa. Tapi, ketika kamu dihadapkan dengan segala sesuatu yang baru- teman baru, lingkungan baru, dosen baru, metode pengajaran yang baru, pacar baru mungkin (ups…keceplosan)- rasa senang seketika berubah menjadi kegalauan tingkat internasional. Mungkin kamu akan bertanya-tanya,,, Lalu, what should I do? Well, mungkin tips atau pendapat di bawah ini dapat membantu kamu untuk mengubah kegalauan tingkat internasional menjadi semangat dan prestasi tingkat internasional. Amin.

1.     Berani Membuka Diri (Malu Bertanya Sesat di Kampus)

Menjadi mahasiswa baru yang dihadapkan pada lingkungan belajar yang baru ( teman ) terkadang secara tidak langsung memaksa kamu untuk beradaptasi dengan baik. Oleh sebab itu, kamu harus terbuka dengan situasi dan berani untuk berkenalan dengan teman-teman sebanyak mungkin. Jangan membatasi diri dengan teman satu program studi saja, satu kampus pun juga boleh. Kamu harus membuang jauh-jauh rasa mindermu. Karena hal itu akan membatasi diri kamu untuk dapat beriteraksi dengan baik. So, beri kesan yang menarik atas pribadi kamu ya?

2. Mulai Fokus Pada Cita-Cita

Ingat, masa-masa kuliah merupakan langkah awal bagi cita-cita kamu di masa depan. Jadi mulai saat ini kamu harus mengubah strategi belajar kamu. Yang mulanya belajar jika ada tugas atau nunggu di chat, di tweet, ato di BBMin sama pacar, sekarang kamu harus belajar mandiri. Sadar, bahwa belajar itu untuk diri kamu sendiri, dan keberhasilan kamu dimasa depan. Jangan sampai kuliah hanya dibuat ajang mencari title saja. So, setelah tips pertama terlaksana, kamu harus mulai pandai untuk memilih sahabat belajar. meskipun kuliah itu dunia kompettitif, tapi, kerjasama juga perlu lho.

3. Time Management (Pengaturan Waktu)

Kuliah berarti dewasa. Benar kan? Jika setuju mulai saat ini kamu harus benar-benar dewasa, yang artinya pandai mengatur waktu. Kamu harus bisa mengatur waktu kapan untuk kuliah, kapan untuk maen-maen. Kalau perlu, buat buku agenda tentang kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan buat jaga-jaga jika kamu lupa. Kalau masih kurang, kamu juga bisa kok membuat jadwal kuliah di karton dan kemudian di tempelin di kamar kamu. (Jika kamu termasuk anak kost, kamu juga punya tambahan kegiatan satu lagi, yaitu membagi waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman serta lingkungan tempat tinggal kamu. Waktu untuk berkumpul dengan teman kost juga penting lho).

4.  Ciptakan Cara Belajar Yang Sesuai Dengan Diri Kamu

Kuliah itu sangat berbeda dengan masa SMA. Jika saat SMA kita duduk manis mendengarkan penjelasan guru, dan kemudian mencatatnya, ini tidak akan kamu jumpai lagi di bangku kuliah. Kamu dituntut untuk mandiri, mencari materi sendiri, dan kemudian mempelajarinya. Jadi, dosen hanya memberikan gambaran umum, membimbing, serta menjembatani antara kamu dengan materi tersebut jika kamu mengalami kesulitan. Nah, mulai saat ini, kamu harus bisa menemukan cara belajar yang cocok untuk kamu. misalnya, belajar di malam hari  atau di pagi hari. Kamu juga harus sering mengunjungi web-web serta jangan lupa berkunjung ke perpustakaannya ya?

5. Ikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Kampus (red. Unit Kegiatan Mahasiswa/UKM)

Sebagai mahasiswa tentunya kita tidak hanya ingin sukses di akademik saja, tetapi juga non akademisnya. Tujuannya adalah supaya kamu lebih akrab dengan dunia kampus, kakak senior, dan dapat pengalaman yang menarik. Tapi jangan mengikuti semua UKM yang ada. Pilih saja yang sekiranya sesuai dengan bakat dan minat kamu, setidaknya mendukung kegiatan kuliah kamu. Jangan sampai kegiatan UKM mengalahkan kegiatan kuliah kamu. Jika sudah demikian, ingat lagi tips yang ke- 2.  Fokus pada cita-cita. Fokus dan fokus.

6. Refreshing Your Mind

Segudang kegiatan akademik dan non akademik tentunya menguras tenaga dan pikranmu. Jadi menyegarkan pikiran juga perlu untuk diagendakan. Tapi ingat, refreshingnya juga harus bermanfaat. Misalnya, silaturahmi ke rumah teman atau kakak senior (biar lebih akarab), nonton film dengan English subtitle ( sambil latihan speaking dan translation.hehehe), yang terpenting buat diri kamu nyaman di hari itu sehingga kamu siap bertempur dengan rutinitas kegiatan akademik yang sudah menunggu kamu.

Hemmm… Itulah tadi tips atau pendapat dari kami. Jangan khawatir ya, mulai sekarang tanamkan bahwa kuliah itu menyenangkan, jika ada kendala itu hal yang wajar. Kemudahan akan datang setelah kesulitan, jika kamu sungguh-sungguh untuk mencari jalan keluarnya. Semua hal ada prosesnya. Yang terpenting ingat kuncinya,” Malu Bertanya Sesat Di Kampus… “. Nah nanti kalau tersesat, malah nggak pulang-pulang di cari orang tua. hehehe.

Have a wonderful experience , ya….. ^_^. (F&T).

Related Links:

http://tulisan-remaja.blogspot.com/2013/07/10-tips-menjadi-mahasiswa-baru.html

http://kangdedeusman.blogspot.com/2012/09/tips-tips-menjadi-mahasiswa-baru-yang.html