CEC Gelar Festival Bahasa Inggris Tahunan

Photo-0065
English Debating Competition

 

CEC's Traditional Drama
CEC’s Traditional Drama
Singing Contest
Singing Contest

 

Tiga hari pagelaran festival oleh salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di STAIN Salatiga, CEC (Communicative English Club), dimeriahkan oleh SMA & Universitas dari Salatiga, Semarang dan Kendal. Festival yang berlangsung dari hari Senin-Rabu, 18-20 November 2013, rangkaian kegiatannya meliputi: di hari pertama; Pembukaan, Speech Contest & Spelling Bee, di hari kedua; English Debate & Singing Contest dan di hari terakhir; Pentas Seni (Traditional Drama & Dance, Poem, & English Song), Pengumuman Pemenang dan Penutupan.

Pada hari Senin, 18 Nopember 2013 acara dibuka secara resmi oleh Rr. Dewi Wahyu Musitikasari, M. Pd, salah satu konselor CEC dan juga dosen TBI. Kemudian dilanjutkan Speech Contest di Aula dan Spelling Bee di PKM 2. Antusiasme para peserta terlihat tinggi karena dibandingkan tahun kemarin, jumlah peserta pada masing-masing lomba meningkat. Selain itu, mereka juga berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi dari luar Salatiga, sehingga semangat kompetisi menjadi lebih tinggi. Pada lomba Speech Contest, jurinya adalah Bu Rr. Dewi Wahyu Musitikasari, M. Pd  yang dulu pernah berkesempatan mengikuti seminar Internasional di Korea, dan juga Marisa Fran Lina, S. PdI (Dosen Study Intensif of Bahasa Asing), pemenang English Speech Competition STAIN Se-Jawa 2012. Atmosfer lomba speech tampak agak tegang dan terkadang para juri, audiens dan peserta lain dibuat terpana oleh kemahiran para peserta lomba yang lihai berpidato dengan semangat para pemuda yang membara sesuai dengan tema pidato kali ini yang juga mengambil tema CEC Festival yaitu “Youngsters Today is the Leader of Tomorrow”. Banyak para peserta mengutip pidato Bung Karno “Beri aku 10 pemuda, niscaya kuguncangkan dunia”. Tema kali ini memang masih berkaitan erat dengan hari sumpah pemuda dan hari pahlawan yang baru saja kita peringati. Setelah penjurian selama kurang lebih 4 jam, lomba speech pun selesai. Menurut panitia lomba speech, dari sekitar 22 peserta, pemenang akan diambil 2 kategori, SMA & Universitas, yang masing-masing kategori akan diambil juara I & II. Para pemenang setiap lomba diumumkan pada hari Rabu, 18 Nopember 2013 setelah acara puncak pentas seni unggulan CEC yaitu A Traditional Drama “The History of Ande-Ande Lumut”.

We do hope that the winners can be the inspiration to others since they believe that a success is a journey not a destination… Our youngsters will be very ready to shake the world. KEEP SPIRIT! (Marisa Fran LinaF&T)

Pentas Drama “The History of Ande-Ande Lumut” by CEC

Mencintai ragam budaya Indonesia tidaklah harus dengan berkeliling Indonesia dan mempelajari semuanya. Salah satu cara yang lebih efektif yaitu dengan mengangkat budaya lokal menjadi sebuah tontonan yang dikemas secara sederhana dan apik. Itulah yang dilakukan oleh anak-anak CEC (Communicative English Club)– Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa STAIN Salatiga. Sebagai penutup kegiatan English Festival 2013/2014, para anak CEC menampilkan sebuah cerita Jawa yang cukup terkenal dan mengemasnya menjadi sebuah drama dalam Bahasa Inggris yang sangat menarik yaitu “The History of Ande-Ande Lumut” . Bagaimana tidak? dengan tetap menggunakan kostum tradisional jawa ( Kebaya) akan tetapi mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dialognya. Selain itu Arif Rahman, S.Pd.I sebagai script writternya juga melakukan beberapa improvisasi dalam teksnya sehingga mampu menjadi sebuah tontonan yang tidak membosankan. Selain itu Nastiti Rokhmania S.Pd.I sebagai director, mampu mengantarkan para pemain kedalam karakternya dengan apik. mereka rutin melakukan latihan dan rela untuk membuang rasa malunya dan berkomitmen terhadap tuntunan karakter yang ada dalam cerita. Selain itu Risa Suryani salah satu anggota CEC, juga berperan dalam memfasilitasi perlengkapan drama seperti penyediaan kostum dan perlengkapan lainnya yang diperlukan. Adapun para pemain Drama tersebut antara lain……………………………………….
kesuksessan drama tersebut dapat dilihat dari terjualnya 300 tiiket dan para penonton yang enggan untuk meninggalkan tempat duduknya dan terus menikmati setiap bagian dari drama tersebut.

Selain drama tersebut, beberapa Mahasiswa semster 1 jurusan TBI juga ikut serta memeriahkan penutupan English Festival tersebut dengan membawakan tarian gambyong sebagai pembuka dan drama pendek kolosal tentang perjuangan para Pemuda jaman dahulu dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Akan tetapi kesuksessan acara tersebut bukan hanya semata-mata usaha keras anak-anak CEC melainkan juga atas kerjasama beberapa pihak seperti STAIN Salatiga dan TEATER GETAR STAIN Salatiga yang membantu tata panggung acara drama tersebut.

Salut pokoknya untuk kalian semua. Kalian Luar biasa! ^_^ (Ratna Sari(F&T)

 

Bagaimana cara mendaftar program beasiswa Erasmus Mundus?

Berikut adalah informasi awal tentang bagaimana cara mendaftar program beasiswa Erasmus Mundus Action 1:

Erasmus Mundus Action 1 menyediakan beasiswa S-2 dan S-3 yang terbuka bagi seluruh peserta dari seluruh dunia. Program pasca sarjana Erasmus Mundus yang ditawarkan dapat dilihat di: – Studi S2: http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php – Studi S3: http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_joint_doctorates_en.php

Pertanyaan: Kapan pendaftaran beasiswa EM dibuka? Jawaban: Sekitar bulan September sampai dengan akhir Desember atau awal Januari tahun berikutnya.

Pertanyaan: Apakah seseorang dapat mendaftar beasiswa sebelum lulus S-1? Jawaban: Bisa bagi mereka yang sudah di semester 6 atau 7, walaupun tidak semua program pasca sarjana Erasmus Mundus dapat menerima mereka yang belum lulus.

Pertanyaan: Apakah beasiswa Erasmus Mundus mensyaratkan pengalaman kerja? Jawaban: Tidak selalu, kecuali tertulis dalam persyaratan program Pasca Sarjana Erasmus Mundus. Banyak “Fresh Graduate” yang diterima dalam beasiswa EM

Pertanyaan: Apakah EM menyediakan short courses? Jawaban: Tidak

Pertanyaan:Apakah boleh mendaftar pada beberapa program Pasça Sarjana Erasmus Mundus pada tahun yang sama? Jawaban: Boleh, maksimal 3 program Pasça Sarjana Erasmus Mundus

Pertanyaan: Kemana formulir aplikasi beasiswa dikirimkan? Apakah ke semua universitas anggota konsorsium program Pasça Sarjana Erasmus Mundus? Jawaban: Aplikasi dikirimkan hanya ke alamat salah satu universitas atau koordinator konsorsium universitas yang tertera dalam petunjuk aplikasi beasiswa E (lihat situs masing-masing program). Jadi tidak perlu mengirimkan aplikasi ke semua universitas anggota konsorsium program Pasça Sarjana Erasmus Mundus.

Pertanyaan: Apakah pelamar beasiswa harus mengirimkan Toefl yang internasional (bukan Toefl prediksi / Institutional Toefl) ? Jawaban: Kami sarankan untuk mengirimkan Toefl internasional karena ada beberapa program Pasça Sarjana Erasmus Mundus yang tidak menerima Toefl prediksi. Namun demikian, apabila waktunya tidak memungkinkan, silakan kirim Toefl prediksi sambil disebutkan bahwa hasil Toefl internasional akan keluar tanggal tertentu.

Pertanyaan: Apakah sebaiknya mengirimkan Toefl atau IELTS? Jawaban: Apabila tidak ada persyaratan khusus yang tertulis di situs program pasca sarjana Erasmus Mundus maka pelamar beasiswa bebas mengirimkan Toefl atau IELTS.

Pertanyaan: Di mana bisa mendapatkan formulir aplikasi beasiswa Erasmus Mundus? Jawaban: Formulir aplikasi beasiswa EM terdapat pada masing-masing situs program yang telah disebutkan di atas?

Pertanyaan: Apakah Erasmus Mundus menyediakan beasiswa dengan tujuan Belanda? Jawaban: Erasmus Mundus dibiayai oleh Uni Eropa, termasuk Belanda sebagai salah satu anggota Uni Eropa. Untuk itu, penerima beasiswa Erasmus Mundus tidak hanya mendapat kesempatan belajar di Belanda tetapi juga negar-negara anggota Uni Eropa lainnya.

Pertanyaan: Apa yang dimaksudkan dengan Kategori A dan Kategori B penerima besiswa Erasmus Mundus? Jawaban: Kategori A adalah mereka yang belum pernah tinggal di negara anggota Uni Eropa dalam 5 tahun terakhir selama lebih dari 12 bulan. Kategori B adalah mereka yang pernah tinggal di negara anggota Uni Eropa dalam 5 tahun terakhir selama lebih dari 12 bulan

Pertanyaan: Apa perbedaan beasiswa Kategori A dan B? Jawaban: Penerima beasiswa Kategori A lebih besar dari kategori B. Kategori A akan menerima: – Living allowance: 1000 euro/bulan – Tuition fee: 4,000 euro/semester – Travel allowance: 4,000 euro/semester. Kategori B akan menerima kira-kira setengah dari jumlah beasiswa kategori A.

Pertanyaan: Apakah warga negara Indonesia lulusan S-1 atau S-2 dari luar negeri dapat mendaftar beasiswa Erasmus Mundus? Jawaban: Bisa. Namun demikian, bagi mereka yang pernah tinggal di negara anggota Uni Eropa dalam 5 tahun terakhir selama lebih dari 12 bulan maka jumlah beasiswa yang diterima akan lebih sedikit (kategori

Pertanyaan: Apakah ada test seleksi dalam beasiswa EM? Jawaban: Tidak ada test tertulis. Konsorsium universitas melakukan seleksi berdasarkan berkas2 aplikasi. Bila diperlukan mereka akan mengadakan interview melalui telepon, skype, dll.

Erasmus Mundus – Action 1 – Erasmus Mundus Masters Courses (EMMCs)

eacea.ec.europa.eu

Here are the Erasmus Mundus Masters Courses that will be offering scholarships for courses starting in the academic

 By: Sukrisno Nino TBI’10

 (F&T)

 

Study di Queensland Australia

Bismillah Insyallah informasi bermanfaat buat study di Queensland Australia khusus dan diutamakan bagi ekonomi bawah . Pendaftaran via online. Deadline pendaftaran adalah 29 November 2013 dan 7 Februari 2014
Ini persyaratannya cukup mudah lo teman-teman dibandingkan beasiswa lainnya
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/30/368/889210/asyik-bisa-kuliah-gratis-di-queensland

Asyik, Bisa Kuliah Gratis di Queensland!

kampus.okezone.com

Queensland University of Technology, Australia, menawarkan beasiswa persamaan untuk jenjang S-1, S-2, S-3 serta riset post doktoral. …
By: Sukrisno Nino TBI’10

(F&T)

A coach to be successful in pursuing scholarship

Do you have a coach to be successful in pursuing scholarship?

Milikilah Pelatih Jika Ingin Dapat Beasiswa

Published : 12:05 PM Author :
Semua juara dunia Olimpiade pastilah memiliki seorang pelatih. Seseorang yang membantu merencanakan target kemenangan, memberikan latihan rutin, mengatur strategi bertanding serta memberikan berlembar-lembar catatan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika ingin betul-betul menjadi seorang juara dunia.
Seseorang yang pernah juara dunia dua tiga kalipun tetap memiliki seorang pelatih, Chris John misalnya. Ia tetap rendah hati, mendengar dengan seksama serta menuruti saran-saran yang diberikan oleh pelatihnya.
Mungkin ini adalah satu hal yang kita lupakan saat ingin menjadi seorang pemenang dalam mencari beasiswa. Kita lupa bahwa kita butuh pelatih. Kita mungkin masih merasa saya pintar, cerdik, mandiri dan biasa sendiri. Karakter yang bagus. Tetapi kalau akhirnya perjuangan menjadi lebih sulit dan lebih lama maka mulailah mengganti prinsip. Mulailah sedikit merendahkan hati dan rasional.
Read more (Milikilah Pelatih Jika Ingin Dapat Beasiswa, please just click on http://beasiswamerahputih.blogspot.com/)
by : Miftachudin Arjuna TBI’sp miftah Lecturer

(F&T)

English Debate Class Polibatam English Club 2013

Dear Debaters,

We are from Batam Polytechnic. We invite to you all guys to join with us (Batam Polytechnic English Debate Championship) II 2013

Here attached the Invitation Letter. We provide the file with .doc in order to avoid mis-spelling in your university. You may print and please use the LoA as wise as you can.

Thank you and have a nice day

Warmest regards,

N U R H A L I F A H President of English Debate Class Polibatam English Club 2013

Informatics Engineering 2012 Batam Polytechnic http://twitter.com/adaiffah http://facebook.com/iffah.nurhalifah

Fase I: 22 Oktober – 4 November 2013

Fase II: 5 – 11 November 2013

Nurhαlifαh (adaiffah) on Twitter

twitter.com

The latest from Nurhαlifαh (@adaiffah). 19-INFJ. Norepinephrine. Part of #FIM14B @fimnews. A Voracious Reader. connaisseur de thé chaud. Author (Next Novel Coming Soon in 2014). • вαtαm, ID • Singαpore
by: Sukrisno Nino TBI’10

(F&T)